AI Map Warcraft III Terbaik yang Pernah Aku Mainkan

Assalamualaikum. Readers, meskipun Warcraft tergolong game yang sudah sangat jadul, para penggemarnya masih tetap memainkannya hingga hari ini. Tak hanya itu, para penggemar Warcraft III masih ada yang getol mengembangkan ai map, hingga akhirnya bisa membuat map-map keren yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.
Warcraft III: Frozen Throne logo oleh wikimedia.org
Berikut ini ai map terbaik yang pernah aku mainkan. Tapi khazanah map Warcraft ku belum cukup luas ya, jadi mohon dimaklumi jika belum banyak map yang bisa aku ulas disini. Yuk disimak..

5. Naruto Ultimate RPG 4.2i

Naruto Ultimate RPG.
Map Naruto Ultimate RPG ini dibuat oleh ShikamaruShadow dan kawan-kawan dengan jalan cerita yang hampir sama dengan serial Naruto aslinya. Ada ujian chunin, ada turnamen pertarungan juga. Selain bertarung dengan tim lain, ada juga musuh-musuh disini yang terdiri dari para penjahat dari serial aslinya, dan seperti biasa mereka ditemani para ninja-ninja figuran yang mudah dibunuh tapi cukup mengganggu.

Map RPG ini menurutku cukup menarik idenya, hanya saja masih kurang sempurna. Misalnya saja, rekan satu tim ku agak koplok, ada musuh kok tidak segera bertarung. Yeah, mereka malah diam bersantai. Setelah aku sekarat baru deh mereka datang memberi bantuan. Tim macam apa ini! Padahal anggota timku Sasuke dan Sakura, ada Kakashi juga lagi.

Selain itu ada beberapa bug, yaitu iconnya yang kadang berubah menjadi kotak hijau, jadi harus mengarahkan kursor ke iconnya untuk tahu apa fungsi dari icon tersebut. Lagipula, kalau muncul pun iconnya kurang nyaman dipandang mata, mungkin tim pengembangnya kekurangan artist.

Semoga pada versi berikutnya, Naruto Ultimate RPG ada perbaikan dan kemajuan.

4. Bleach vs One Piece 11.0

Bleach vs One Piece.
Bleach vs One Piece adalah map yang dibuat oleh tim gamers dari Thailand yang tidak diketahui identitasnya. Map ini mengingatkanku pada DoTA dan Royal Rumble (WWE), karena konsep permainannya mirip-mirip. Kita akan dibagi menjadi dua tim yang akan saling bertarung untuk mendapatkan skor. Tim yang lebih dulu mendapat skor yang ditentukan, menjadi pemenangnya.

Menurutku, map ini seru sekali. Kita tak hanya dapat memilih karakter Bleach atau One Piece saja, tapi juga bisa memilih karakter yang berasal dari anime lain, seperti misalnya dari anime Naruto dan Dragon Ball, ya walaupun tak sebanyak karakter Bleach maupun One Piece. Jadi, aku perkirakan ada lebih dari 50 karakter tersedia untuk dipilih sebagai hero.

Kerennya lagi, jurus-jurus yang disematkan pada tiap hero ini gila-gilaan. Kalau sebagian besar player di arena sudah menguasai jurus tingkat tinggi, dijamin layar kamu akan penuh dengan ledakan! Seakan-akan ada perang nuklir di dalam komputer kamu! Ya tapi jadi susah juga untuk memastikan dimana hero kita berada, tahu-tahu sudah respawn di base. Hahaha.. 

Kekurangan map ini menurutku adalah musuhnya yang terlalu kuat atau aku yang tidak bisa memainkannya ya? Selain itu loadingnya cukup lama, tapi cukup setimpal lah dengan keseruan yang disajikan oleh map ini.

3. WoW Battleground AI

WoW Battleground AI.
Selanjutnya, World of Warcraft Battlegroud versi Warcraft III yang dibuat oleh Andrea Riona. Wah, dari namanya pasti gamers asal Jakarta ini cantik sekali! *Plaaak!* Baiklah-baiklah, aku fokus mengetik lagi. Menurutku WoW Battlegroud adalah map buatan fans yang sangat rapi. Waktu aku mencoba main, aku kagum dengan icon Warcraft asli yang sudah digantikan dengan icon asli WoW Battleground.

Cara bermain map ini hampir mirip dengan Bleach vs One Piece, hanya saja battlegroundnya jauh lebih luas, jadi capek jogging sana-sini untuk mengejar musuh. Penderitaan itu juga ditambah dengan para Creep yang banyak sekali jumlahnya. Musuhnya keenakan dibelain para Creep!

Nilai plus untuk map ini adalah adanya pentungan bagi para cheaters, yaitu jika player melakukan cheat uang, maka musuh akan overpowered. Salut untuk pembuatnya, udah cantik, cerdas juga, *Plaak!*

Belum ada kekurangan yang aku temukan sejauh ini.

2. Battle Stadium DON 1.9

 Battle Stadium DON.
Battle Stadium DON adalah sebuah game Gamecube, dimana tokoh-tokoh anime dari tiga judul anime dipertemukan dalam satu turnamen pertarungan. Begitu juga dengan AI map Warcraft buatan Valkemiere dan kawan-kawan ini. Mapi ini mengusung gameplay DoTA, tapi peperangan terjadi di tengah kota dengan tatanan kota khas anime. Terbayang kan serunya?

Ada banyak karakter di map ini, dan mungkin sama banyak dari yang ada di map Bleach vs One Piece, hanya saja tidak ada karakter Bleach. Jurus-jurus yang dikeluarkan pun sama-sama gila-gilaan. Waktu aku mencoba main dengan karakter Gaara, dia bisa summon monster pasir yang menghancurkan kota! Lawan pun bisa bikin ledakan yang gila-gilaan!

Sayangnya keseruan itu menjadi berkurang karena aku kurang suka dengan desain Ui yang mereka banggakan. Bikin pusing, kadang icon perintahnya pun jadi tidak kelihatan. Ditambah lagi, jujur saja agak sedikit ngelag dan membuat notebook jadul punyaku banjir keringat.

Psst! Aku menduga map ini dikembangkan oleh gamers Indonesia. Kenapa aku berfikir begitu? Karena di blog resmi sang author map, tertempel juga link unduh map Pocong Galau (belum aku coba). Selain itu, coba perhatikan bangunan didalam game ini. Yeah, ada bangunan khas Indonesia.

1. Dota AI

DoTA AI loading screen.
Yeah, inilah juaranya. DoTA adalah map yang dikembangkan oleh IceFrog, tapi DoTA AI adalah sebuah map yang dikembangkan oleh tim gamers dari China. Apa perbedaannya? DoTA hanya dapat dimainkan multiplayer secara online. Sedangkan DoTA AI adalah map DoTA yang sudah disematkan AI, jadi kamu bisa bermain secara offline melawan komputer.

Bagi yang belum tahu. Defense of The Ancient (disingkat DoTA) adalah permainan dimana pemain akan dibagi menjadi dua kubu, yaitu The Sentinel dan The Scourge. Tujuan permainan ini adalah untuk menghancurkan ancient lawan sambil mempertahankan ancient milik player itu sendiri. Tim yang gagal mempertahankan ancientnya akan dinyatakan kalah.

Apa yang keren dari DoTA? Tentu saja ratusan hero Warcraft yang bisa dipilih, dan selain itu juga seru sekali rasanya bisa berperang dan bekerja sama dengan hero lain!

Map ini sebenarnya dibuat sebagai alat untuk latihan DoTA bagi para pemula. Namun, akhirnya malah lebih disukai daripada versi onlinenya. Karena itu, terdengar desas-desus bahwa IceFrog sendiri yang meminta para pengembang Dota AI agar segera berhenti mengembangkan AI untuk mapnya.

Kekurangan map DoTA AI ini hanyalah tidak bisa di load setelah di save.


Itulah beberapa ai map terbaik yang pernah aku mainkan. Kalau kamu ingin memainkannya juga, kamu harus memiliki Warcraft III: Frozen Throne yang sudah terpasang di komputer kamu, dan . Selamat bermain!

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Share yuk

    Related Posts

    Previous
    Next Post »